dc.description.abstract |
Online Customer Review adalah sebuah bentuk electronic word of mouth (eWOM) yang mengacu pada konten buatan pengguna yang di-posting pada situs online maupun situs web pihak ketiga. Orang dapat mengambil jumlah review sebagai indikator popularitas produk atau nilai dari suatu produk yang akan mempengaruhi kemauan untuk membeli suatu produk. Akan tetapi, belum tentu semakin banyak review berarti produk tersebut pasti akan dibeli pelanggan, karena ada faktor lain yang bisa menjadi alasan atau pertimbangan konsumen. Dengan mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, perusahaan bisa mendapatkan pengetahuan penting untuk menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik khususnya pada media online. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Pengaruh Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Tokopedia”.
Objek penelitian ini adalah Tokopedia yang merupakan situs jual beli online. Penulis memilih Tokopedia karena menurut survey konsumen, situs ini masih kalah dibandingkan beberapa situs jual beli online lainnya, sehingga membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang keputusan pembelian konsumen pada situs tersebut.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif untuk menjelaskan hubungan antara customer review dengan keputusan pembelian konsumen pada situs Tokopedia. Pada pengumpulan data, penulis membagikan kuesioner kepada 100 orang responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan program SPSS.
Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa penilaian rata-rata responden terhadap costumer review pada situs Tokopedia adalah sebesar 3,97 yang termasuk dalam kategori tinggi. Penilaian rata-rata responden tentang keputusan pembelian konsumen pada situs Tokopedia adalah sebesar 4,01 yang termasuk kategori sangat tinggi. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh customer review terhadap keputusan pembelian konsumen di Tokopedia. Korelasi antara customer review dengan keputusan pembelian adalah sebesar 0,582 yang menunjukkan tingkat hubungan sedang. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,339 menunjukkan bahwa variabel customer review mampu menjelaskan keputusan pembelian konsumen di Tokopedia sebesar 33,9% sedangkan sisanya 66,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti misalnya brand image, brand trust, brand satisfaction, dan sebagainya. |
en_US |