Electronic word of mouth sebagai pengaruh dalam kesuksesan brand image : studi kasus pada Innisfree Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Mulya, Ariel Febrika
dc.date.accessioned 2018-07-03T01:54:26Z
dc.date.available 2018-07-03T01:54:26Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36024
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6324
dc.description 23059 - FE en_US
dc.description.abstract Peningkatan jumlah pengguna internet pada saat ini memicu perusahaan-perusahaan untuk dapat memanfaatkan internet dan media sosial sebagai media promosi mereka. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan internet dan media sosial sebagai alat promosi mereka adalah Innisfree. Innisfree merupakan perusahaan kosmetik asal Korea yang baru membuka gerai mereka di Indonesia pada pertengahan tahun 2017. Meskipun baru membuka gerainya, Innisfree sudah memiliki kesan yang positif dalam benak konsumen. Kosmetik merupakan produk dengan persepsi risiko tinggi dimana penggunaan kosmetik yang tidak tepat akan menimbulkan kerusakan kulit. Semakin tinggi persepsi risiko suatu produk akan meningkatkan jumlah informasi yang dicari oleh konsumen. Salah satu informasi yang dapat diperoleh konsumen mengenai produk kosmetik berupa review atau ulasan dari konsumen lain. (electronic word of mouth) yang dapat mempengaruhi kesan (brand image) konsumen terhadap suatu produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh eWOM di Youtube dalam kesuksesan brand image Innisfree. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode eksplanatori dimana sampel dalam penelitian ini adalah orang–orang yang mengetahui produk Innisfree, merupakan generasi millennials dan yang akan mencari ulasan/review di Youtube sebelum membeli produk kosmetik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Ukuran sampel dalam penelitian ini berjumlah 114 orang dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersamaan dimensi-dimensi eWOM berpengaruh secara signifikan terhadap brand image dengan kontribusi sebesar 37,6%. Namun secara parsial hanya dimensi source attractiveness yang berpengaruh secara positif terhadap brand image Innisfree. Maka dari itu, saran dari penulis secara keseluruhan agar Innisfree dapat mempertahankan kualitas produknya dan dapat meningkatkan pesebaran eWOM di Youtube sehingga menumbuhkan brand image yang lebih baik lagi ke depannya. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.title Electronic word of mouth sebagai pengaruh dalam kesuksesan brand image : studi kasus pada Innisfree Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120072
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account