Abstract:
Analisis Strategi Inovasi pada produk Elhaus (Studi
Deskriptif Mengenai Inovasi Outerwear Denim
dengan Penggabungan Konsep Budaya Tradisional
Barat dan Timur)
Dengan berkembanganya industri pakaian kreatif di Indonesia, mengharuskan
para perusahaan industri kreatif bersaing secara ketat untuk mengupayakan
kelangsungan hidup dari perusahaanya, dengan memunculkan ide terhadap
produk-produk baru yang inovatif khususnya dalam bidang pakaian jadi yang
sifatnya sangat dinamis. Permintaan konsumen untuk munculnya produk baru
terhadap bisnis pakaian di Indonesia menjadi titik peluang untuk melakukan
sebuah ide inovasi bagi Elhaus, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak
dalam bidang industri pakaian di Indonesia. Salah satu inovasi yang dipergunakan
Elhaus adalah penggabungan konsep budaya tradisional barat dan timur yang di
aplikasikan kedalam busana fesyen moderen.
Penelitia ini betujuan untuk membahas dan menganalisa langkah apa saja
dari strategi inovasi dalam pengembangan produk yang sudah dilakukan oleh
Elhaus selama ini, dengan menggunakan jenis penelitian berupa deskriptif. Teknik
yang digunakan dalam mengumpulkam data adalah dengan melakukan
wawancara dan pengamatan untuk mengetahui informasi yang diperlukan untu
dibahas. Teknik analisis data yang digunakan adalah melakukan perbandingan
teori dengan data yang dikumpulkan untuk menjawab masalah penelitian yang
sudah dirumuskan.
Dengan hasil analisis yang dilakukan terhadap perusahaan Elhaus, dapat
ditarik kesimpulan bahwa Elhaus mengambil langkah langkah strategis dengan
melakukan serangkaian tahapan dalam mengembangkan produk barunya sebagai
bentuk inovasi. Elhaus melakukan serangakaian inovasi produk,dan inovasi pasar.
Berdasarkan hasil data dan analisis yang dilakukan, penulis memberikan
saran untuk Elhaus , saran ini beruntukan agar Elhaus dapat memperkuat konsep
dan bisa mempercabang ide ide baru mereka pada konsep dan inovasi produknya.