Abstract:
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuat penetrasi penggunaan
internet di Indonesia meningkat sehingga akses pada internet bisa didapatkan oleh
masyarakat sampai ke berbagai daerah, tidak terbatas di kota - kota besar saja. Mengiringi
perkembangan tersebut, hadir juga berbagai aplikasi media sosial yang penggunaanya
semakin familiar bagi konsumen untuk mencari informasi mengenai barang atau jasa. Sikecil
Baby Shop adalah salah satu bisnis kecil di Kota Tasikmalaya yang mencoba memanfaatkan
fenomena tersebut dengan menggunakan media sosial Facebook dalam menjalankan
komunikasi pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi
mengenai persepsi konsumen akan social media marketing melalui Facebook yang dilakukan
oleh Sikecil Baby Shop, mengetahui niat beli konsumen Sikecil Baby Shop, serta mencari
tahu pengaruh dari social media marketing melalui Facebook tersebut terhadap niat beli
konsumen.
Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah metode kuantitatif
dengan analisis regresi linier berganda. Populasi yang diteliti adalah ‘friends’ Facebook
Sikecil Tsm dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah
responden yang datanya dikumpulkan sebanyak 122 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi social media marketing melalui
Facebook dalam menjelaskan niat beli konsumen Sikecil Baby Shop adalah sebesar 69,2%,
sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor- faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian
ini. Dimensi- dimensi social media marketing yang berpengaruh paling besar dan signifikan
terhadap niat beli konsumen tersebut adalah accessibility, credibility, sharing of content, dan
online communities. Untuk dapat meningkatkan niat beli konsumen melalui Facebook, maka
Sikecil Baby Shop dapat memaksimalkan pemanfaatan fitur- fitur di Facebook seperti
Facebook Pages, penggunaan kata kunci atau hashtag agar pencarian informasi oleh
konsumen lebih terkategorisasi, memotivasi konsumen untuk memberikan feedback di
Facebook, serta mempromosikan media sosial Facebook-nya agar konsumen yang
mengetahui dan bergabung dengan Facebook Sikecil Tsm semakin banyak.