Abstract:
PT. BCA Tbk dan PT. Telkomsel merupakan dua perusahaan besar yang juga menciptakan produk fintech uang elektronik bermerek Sakuku dan TCASH yang merupakan e-money berbasis perangkat lunak. Walau begitu, perbedaan jumlah pengguna kedua merek e-money tersebut terlampau jauh dimana TCASH sebagai Lembaga non keuangan memiliki jumlah pengguna lebih banyak dari Sakuku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepercayaan merek (brand trust) konsumen terhadap PT. BCA Tbk dan PT. Telkomsel serta seberapa besar pengaruh kepercayaan merek (brand trust) konsumen terhadap PT. BCA Tbk dan PT. Telkomsel dalam niat mereka untuk terus menggunakan uang elektronik Sakuku dan TCASH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua konsumen yang pernah atau masih menggunakan produk Sakuku dan semua konsumen yang pernah atau masih menggunakan produk TCASH. Baik pada brand trust Sakuku dan TCASH, responden mempersepsikan positif namun dalam hal menggunakan uang elektronik, brand trust Sakuku dan BCA lebih kecil dibandingkan brand trust TCASH dan Telkomsel sehingga agar dalam logo, aplikasi, iklan, dan kegiatan yang dilakukan Sakuku lebih baik menggunakan nama dan logo BCA serta membangun brand image perusahaan dalam hal produk uang elektronik agar niat untuk terus menggunakan uang elektronik pun meningkat.