Abstract:
Transaksi online merupakan salah satu aplikasi kemajuan teknologi informasi yang
penggunaannya sangat intens akhir-akhir ini salah satunya adalah transaksi melalui
mobile apps dan website e-commerce sehingga kualitas dari sebuah website harus
sangat diperhatikan. Hal ini juga yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian
terhadap kualitas website NIION yang berdampak pada niat transaksi konsumen di
website. Dari hasil wawancara dengan kepala divisi penjualan, website NIION hanya
menyumbang sebanyak 10% pendapatan saja dari total keseluruhan. Diketahui dari
preliminary research, penulis mewawancarai 20 responden yang mengetahui NIION
dan website NIION. Mayoritas dari mereka tidak memiliki niat transaksi di website
NIION. Hal ini disebabkan karena kinerja kualitas website NIION yang tidak baik dan
kurang memuaskan.
Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey, yaitu suatu
metode yang digunakan untuk menjelaskan suatu fenomena hubungan antar variable.
Untuk pengambilan sampel, digunakan teknik judgement sampling dengan respondenresponden
yang memenuhi kriteria tertentu dalam penelitian ini. Setelah itu pengujian
dalam penelitian ini menggunakan perhitungan analisis regresi linear sederhana dan
analisis regresi berganda sebagai bentuk analisis kuantitatif, dan Importance
Performance Analysis (IPA) sebagai bentuk analisis kualitatifnya.
Dari hasil pengolahan data kuantitatif diperoleh hasil bahwa seluruh
koefisien-koefisien beta dimensi kualitas website memiliki nilai positif yang
mengindikasi bahwa dimensi dalam kualitas website memiliki hubungan yang positif
terhadap kepuasan konsumen sehingga semakin tinggi nilai kinerja atas kualitas
website maka akan semakin tinggi pula nilai kepuasan konsumen yang akan
berpengaruh juga pada niat transaksi konsumen.
Berdasarkan hasil dari analisis kualitatif dengan menggunakan Importance
Performance Analysis (IPA). Dimensi dari kualitas produk yang perlu diperhatikan
adalah dimensi content dan usability, dan untuk dimensi memiliki kinerja yang rendah
dan juga tingkat kepentingan rendah yaitu dimensi information, sedangkan dimensi
privacy sudah memiliki kinerja yang baik dan memuaskan responden. Selanjutnya
pembahasan yang lebih dalam akan dilakukan di dalam bab-bab skripsi ini.