Abstract:
Saat ini, persaingan global telah melahirkan standar kompetisi baru. Perusahaan
yang menjalankan kegiatan usaha bisnis ritel supaya tetap survive dan growth, harus dapat
menciptakan competitive advantage secara terus menerus. Hal ini juga seharusnya dilakukan
oleh Giant Ekspres di Bandung untuk menimbulkan niat beli konsumen. Salah satru yang
perlu dilakukan oleh Giant Ekspres di Bandung adalah dengan memperkuat brand
association. Hanya saja dalam studi kasus pendahuluan, menunjukkan bahwa niat beli
konsumen terhadap Giant Ekspres di Bandung rendah, karena sebagian besar merasa bahwa
Giant Ekspres bukanlah supermarket, melainkan convenience store. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi brand association Giant Ekspres dan
pengaruhnya terhadap niat beli konsumen di Bandung.
Brand Association adalah merupakan segala kesan yang muncul dalam benak
seseorang yang berkaitan dengan ingatannya mengenai suatu merek. Dampak yang
dihasilkan dari brand association tersebut diharapkan dapat memunculkan niat beli dari
konsumen. Niat beli konsumen adalah sesuatu yang berhubungan dengan perencanaan
konsumen dalam melakukan pembelian. Niat beli konsumen dapat diidentifikasi melalui
indikator-indikator berikut, yaitu niat beli transaksional, preferensial, dan eksploratif.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengetahui Giant Ekspres di Bandung dan
pemilihan sampel menggunakkan metode judgement sampling.
Hasil dari analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa terdapat 3 dimensi
yang berpengaruh signifikan terhadap brand association pada Giant Ekpres di Bandung.
Ketiga dimensi tersebut adalah perceived value, brand personality, dan organizational
association. Berdasarkan hal tersebut, dapoat dikatakan bahwa brand association
berpengaruh terhadap niat beli Giant Ekspres di Bandung sebesar 21,6%, sehingga persepsi
brand association Giant Ekspres di Bandung harus lebih dtingkatkan agar niat beli
konsumen juga meningkat.