Abstract:
Untuk menghasilkan kinerja pegawai yang baik tentu dibutuhkan pelatihan. Pelatihan tentu akan memberikan kesempatan bagi para pegawai untuk mengembangkan keahlian yang ada, mempelajari hal baru terhadap apa saja yang harus dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan yang diberikan kepada pegawai sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, untuk mengetahui sikap pegawai terhadap pelatihan dan untuk mengetahui tingkat kinerja pegawai serta untuk mengetahui hubungan sikap pegawai atas pelatihan dengan kinerja pegawai bagian housekeeping di Hotel Grand Royal Panghegar.
Penelitian ini dilakukan di Hotel Grand Royal Panghegar yang terletak di Jl. Merdeka No 2 Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah para pegawai bagian housekeeping di Hotel Grand Royal Panghegar sebanyak 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Rank Spearman yang digunakan untuk mengetahui mengetahui ada dan tidaknya hubungan dua variabel, yaitu variabel Pelatihan Kerja dan Kinerja Pegawai yang berskala ordinal. Data yang diperoleh adalah dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner kepada pegawai sebanyak 20 orang.
Hasil pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan di Hotel Grand Royal Panghegar sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan skor 3,89 dengan kategori baik. Untuk tingkat kinerja, menunjukkan bahwa kinerja pegawai dikatakan sudah baik dengan skor 4,03. Hasil analisis memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,565 dimana artinya mempunyai hubungan yang searah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa semakin baik sikap pegawai atas pelatihan maka semakin baik pula kinerja yang dihasilkan. Dengan adanya system pelatihan pegawai, kinerja yang dihasilkan di Hotel Grand Royal Panghegar sudah baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.