Abstract:
Saat ini kepedulian masyarakat terhadap gaya hidup semakin meningkat, semua orang dituntut untuk lebih memperhatikan penampilannya. Hal ini memberikan peningkatan positif di bidang industri jasa kecantikan khususnya di Kota Bandung. Industri jasa salon kecantikan disebut juga industri repeat business, artinya usaha ini mengandalkan para langganan untuk kembali secara teratur ke salon tersebut dan terus menerus mencari pelanggan baru. Dengan banyaknya pesaing dalam salon kecantikan, konsumen akan sulit dijaga loyalitasnya maka salon dituntut tidak sekedar memenuhi kebutuhan pelanggan saja dimana masyarakat menginginkan kualitas pelayanan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagiamana service quality yang diberikan Lael House of Beauty Bandung? (2) Bagaimana tingkat customer loyalty Lael House of Beauty Bandung? (3) Bagimana hubungan service quality dengan customer loyalty Lael House of Beauty Bandung?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara service quality dengan customer loyalty Lael House of Beauty Bandung. Jenis penelitian ini adalah explanatori dengan analisis kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode penelitian survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 150 responden, dan teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukan service quality yang diberikan Lael House of Beauty dinilai baik. Saat ini konsumen Lael House of Beauty memiliki tingkat loyalitas yang baik. Berdasarkan hasil uji korelasi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara service quality (kualitas pelayanan) dengan customer loyalty di Lael salon Bandung dengan nilai korelasi yang diperoleh 0,539 dalam arti memiliki hubungan dalam tingkat sedang.