Abstract:
Dewasa ini perkembangan persaingan dalam dunia bisnis semakin meningkat dari tahun ke tahun juga dialami oleh perusahaan jasa otomotif Indonesia, tidak hanya persaingan lokal namun sudah merambah ke persaingan global. Perubahan zaman dan lingkungan serta perilaku manusia yang terjadi khusus dalam dunia otomotif mendorong bertambahnya permintaan akan kebutuhan pemakaian jasa servis roda empat saat ini. Pengusaha di bidang jasa servis roda empat khususnya dalam hal ini adalah Super Shop & Drive Surya Sumantri Bandung.
Salah satu cara agar perusahaan dapat bertahan dalam kondisi tersebut adalah dengan menciptakan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya. Strategi tersebut dikenal dengan istilah Customer Relationship Management (CRM). Dengan menerapkan CRM, diharapkan loyalitas pelanggan dapat terbangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh customer relationship management terdapap customer loyalty di Super Shop & Drive Surya Sumantri Bandung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatori dengan analisis kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan memalui kuesioner yang diberikan kepada 100 responden, dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear.