Abstract:
Perusahaan Infinite Care adalah perusahaan yang memproduksi perlengkapan
bayi dan menjual produknya ke toko-toko grosir dan eceran yang berada di Bandung,
Jakarta, dan sekitarnya. Pemilik Infinite Care merasakan kehilangan pelanggan yang
sangat berdampak kepada menurunnya keuntungan yang didapat oleh Infinite Care.
Permasalahan kehilanggan pelanggan ini akan dianalisa dan diberikan solusi dalam
penelitian ini. Untuk menjaga pelanggan maka penelitian ini menguji coba metode
CRM berbasis RFM yang diterapkan pada Sistem Super Salesman.
Tujuan penelitian ini dapat dicapai dengan meggunakan jenis penelitian
deskriptif analisis dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
dibutuhkan diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka mengenai teori yang akan
digunakan pada penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah MIT90s
Framework untuk menggambarkan keadaan internal dan eksternal serta kesiapan dari
Infinite Care dan Business Process Modelling Notation untuk menggambarkan proses
bisnis yang sudah ada dan usulan-usulan perbaikan proses bisnis Infinite Care.
Hasil dari penelitian ini adalah rancangan Sistem Super Salesman yang dapat
membantu salesman melakukan tindakan yang tepat kepada tiap pelanggan Infinite
Care. Sistem tersebut dibuat dengan mengumpulkan data pelanggan, data penjualan,
menganalisa jenis produk yang disukai, menganalisa seberapa sering terjadi penjualan dan
rata-rata nominal penjualan kepada pelanggan, dan jarak antara pembelian sebelum dengan
pembelian setelahnya. Dengan adanya rancangan sistem ini diharapkan adanya hubungan
jangka panjang antara Infinite Care dengan pelanggannya.