Abstract:
Store atmosphere kini telah menjadi faktor yang cukup berpengaruh dalam pemasaran. Perubahan gaya hidup serta kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi makanan dan minuman, membuat para pelaku bisnis kuliner semakin berpikir kreatif untuk menciptakan café dengan atmosphere yang akan digemari masyarakat. Lereng Anteng Panoramic Coffee adalah salah satu café yang hadir di Kota Bandung. Lereng Anteng telah menjadi café yang cukup populer di Bandung karena menghadirkan store atmosphere yang berbeda sebagai keunggulan utamanya.
Tidak bisa dipungkiri saat ini, peran dari harga, rasa, serta jarak tempat sudah mulai tergeser digantikan oleh store atmosphere dalam memilih tempat untuk bersantap atau sekedar bersantai. Maka atmosphere merupakan elemen yang berpengaruh bagi kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh store atmosphere yang terdiri dari enam dimensi yaitu cleanliness, music, scent, lighting, color dan display/layout terhadap kepuasan konsumen di Lereng Anteng Panoramic Coffee Bandung.
Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kausal. Sampel penelitian merupakan konsumen Lereng Anteng Panoramic Coffee Bandung sejumlah 150 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang akan diuji menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menghasilkan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Lereng Anteng Panoramic Coffee. Dilihat secara parsial dimensi cleanliness, lighting dan display memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan dimensi music, scent dan color tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Lereng Anteng Panoramic Coffee. Berdasarkan kesimpulan dari analisis maka diharapkan Lereng Anteng Panoramic Coffee dapat meningkatkan store atmosphere yang akan berampak pada peningkatan kepuasan konsumen.