Abstract:
Perusahaan dagang otomotif di Indonesia merupakan industri yang cukup berkembang di Indonesia. Perusahaan dagang otomotif adalah perusahaan yang kegiatan utamanya membeli, menyimpan, dan menjual kembali mobil/kendaraan baru dan bekas. Perkembangan perusahaan dagang otomotif di Indonesia sangat menarik khususnya pada bidang jual beli mobil. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya populasi masyarakat di Indonesia yang tentu membutuhkan alat transportasi berupa mobil.
Strategi dapat didefinisikan sebagai program untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan implementasi misinya. Artinya, bahwa para manajer memainkan peranan penting yang aktif, sadar dan rasional dalam merumuskan strategi organisasi. Formulasi strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam rangka menyediakan nilai pelanggan terbaik. Untuk dapat mengidentifikasi strategi bersaing yang dapat digunakan pada Kusumah Motor, maka pertama-tama penulis melakukan analisis terlebih dahulu dengan menggunakan analisis eksternal dan internal. Kedua, penulis menggunakan analisis SWOT.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Metode ini dimaksudkan dengan mengamati kasus secara intensif yang ada kemudian melakukan aktivitas pengumpulan dan analisis data secara terperinci dan jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan analisis SWOT. Wawancara dilakukan kepada seluruh bagian yang ada di Kusumah Motor dengan pemilihan informan yang dianggap berada di posisi yang tepat untuk memberikan data yang dibutuhkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kusumah motor menduduki kuadran II pada analisis SWOT artinya bahwa Kusumah Motor merupakan sebuah organisasi yang memiliki kelemahan dan memiliki peluang yang besar dalam memenangkan pasar. Strategi yang dapat digunakan yaitu pengembangan pasar, penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi horizontal, diversifikasi konsentrik, dan divestasi. Strategi-strategi yang digunakan bertujuan untuk mengembangkan Kusumah Motor sehingga dapat tumbuh dan mencapai tujuan secara maksimal seiring dengan memperbaiki kelemahan.