Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk merancang penilaian kinerja berbasis kompetensi
untuk jabatan di Café Two Stories Bogor. Di tengah persaingan di bidang kuliner
yang sangat ketat, Cafe Two Stories harus bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.
Kunci utama untuk meraih kesuksesan sebuah cafe/restoran adalah sumber daya
manusia. Kinerja sumber daya manusia ini merupakan kekuatan bagi cafe/restoran.
Maka dibutuhkan penilaian kinerja. Namun penilaian kinerja harus berbasis
kompetensi, sedangkan Cafe Two Stories belum memiliki kamus kompetensi.
Penilaian kinerja berbasis kompetensi adalah evaluasi hasil kerja seseorang atau
sebuah jabatan dengan membandingkan kinerja dengan kompetensi yang sesuai
dengan jabatan tersebut dalam periode tertentu. Sebelum melakukan penilaian
kinerja, dibuat dahulu kamus kompetensi. Kamus kompetensi adalah kamus yang
memiliki nama-nama kompetensi yang di dalamnya terdapat standar kinerja yang
sudah di terapkan bagi masing-masing jabatan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode survey, dan teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan/observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan hampir seluruh jabatan di Cafe Two Stories
memiliki nilai level yang rendah dan belum sesuai dengan kompetensi yang
seharusnya. Hanya 1 jabatan yang memiliki nilai level tinggi.
Saran peneliti untuk Cafe Two Stories adalah jabatan yang memiliki nilai level
rendah di berikan pelatihan kembali, agar kinerja jabatan di Cafe Two Stories sesuai
dengan kompetensi jabatannya. Lalu untuk jabatan yang mendapatkan nilai level
tinggi diberikan bonus berupa penghargaan employee of the month.