Abstract:
Brand Trust merupakan rasa kepercayaan konsumen untuk memilih,
mengandalkan dan bergantung pada suatu merek atas dasar fungsi produk yang
ditawarkannya yang memunculkan persepsi bahwa merek akan bertanggung
jawab atas akibat yang timbul dari penggunaan merek. Pada penggunaan transaksi
non tunai khususnya kartu kredit, strategi tersebut digunakan oleh perbankan
untuk meningkatkan keuntungan dengan menciptakan kepercayaan konsumen dan
menawarkan keunggulan produk untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Pada
penelitian ini penulis meneliti pengaruh brand trust terhadap brand loyalty kartu
kredit BRI Touch.
Kartu Kredit BRI Touch merupakan produk dari PT Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk bekerjasama dengan PT. Visa Worldwide Indonesia sebagai mitra
bisnis penyedia jaringan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan analisis
deskriptif untuk melihat tanggapan konsumen dan perhitungan secara statistik
untuk melihat besarnya pengaruh antara pengaruh brand trust terhadap brand
loyalty kartu kredit BRI Touch . Pengumpulan data diperoleh melalui hasil
wawancara dengan perusahaan, dan hasil kuesioner yang ditujukan terhadap 100
responden pemegang kartu kredit BRI Touch
Berdasarkan hasil analisis deskriptif dalam rekapitulasi tanggapan responden,
variabel brand trust mempunyai nilai-nilai rata sebesar 4,02. variabel brand
loyalty mempunyai nilai-nilai rata sebesar 3,84. Pada perhitungan secara statistik
brand trust memberikan kontribusi yang tinggi terhadap brand loyalty Kartu
Kredit BRI Touch di Jakarta sebesar 60,2%, sisanya sebesar 39,8% lainnya
diduga merupakan kontribusi rendah dari variabel lainnya yang tidak diteliti.
Dari hasil penelitian penulis menyarankan, edukasi produk, pemberian reward,
peningkatan kegunaan produk, serta penambahan fasilitas produk untuk dievaluasi
dan di tingkatkan kembali agar pemegang kartu kredit BRI Touch dapat
mengandalkan kartu kredit tersebut dan berkomitmen untuk loyal dengan kartu
kredit BRI Touch