Abstract:
Dewasa ini kebutuhan orang semakin meningkat dan menuntut untuk terpenuhi.
Ketika pola hidup orang semakin sibuk dan individualis menginginkan hal serba
praktis, saat itulah ada salah satu industri bisnis yang berkembang sangat pesat di
Kota Bandung yang dapat melihat sisi peluang kebutuhan yang menjanjikan dari
masyarakat yaitu bisnis jasa EO (Event Organizer).
Namun, seperti bisnis pada umumnya yang mengalami kenaikan dan penurunan
pendapatan, begitu juga Miracle EO menghadapi permasalahan yang sama.
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana profil bauran
pemasaran Miracle EO, persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran Miracle
EO dan pengaruh bauran pemasaran yang dipersepsikan konsumen terhadap minat
beli Miracle EO.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah bauran pemasaran
berpengaruh terhadap minat beli Miracle Event Organizer. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen Miracle Event Organizer, sedangkan
sampel yang diteliti adalah 15 orang konsumen Miracle Event Organizer. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode samping
nonprobabilitas. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel produk,
harga, promosi dan lokasi yang merupakan elemen dari bauran pemasaran sebagai
variabel bebas dan variabel minat beli sebagai variabel terikat.
Selanjutnya, penulis mengolah data hasil penelitian menggunakan software SPSS
for windows untuk memperoleh kesimpulan yang signifikan berdasarkan hasil
penelitian tersebut. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dihitung
menggunakan Software SPSS tersebut, maka dapat disimpulkan hasil penelitian
ini yaitu bahwa secara bersama-sama variabel produk, harga, promosi, dan lokasi
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat beli.