Abstract:
Bisnis dalam bidang kuliner merupakan bisnis yang sangat diminati karena
kebutuhan akan pangan merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan seluruh
manusia. Penelitian ini ditujukan pada Warong Sombar. Warong Sombar
merupakan restoran yang berada di Bandung. Warong Sombar berdiri pada bulan
November 2015 yang beroperasi di Jalan Ciumbuleuit, Bandung. Warong Sombar
menyediakan berbagai jenis makanan khas Manado dengan model yang minimalis
dan simple.
Warong Sombar sebagai restoran yang menyediakan makanan khas Manado
membuka kedai pertamanya dan mulai beroperasi pada bulan November 2015
mengalami peningkatan penjualan. Pada bulan pertama pembukaan, Warong
sombar berhasil menjual 80 mangkuk perhari dan terus meningkat setiap
bulannya.peningkatan penjualan ini disertai dengan banyaknya pelanggan yang
melakukan pembelian ulang. Namun hal ini perlu dibuktikan melalui penelitian
tentang pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas
konsumen di Warong Sombar, Bandung.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap
Loyalitas Konsumen, untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan terhadap
Loyalitas Konsumen, dan untuk mengetahui faktor apa yang lebih mempengaruhi
variabel Loyalitas Konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori
dengan analisis kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode survey.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik
purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang diberikan kepada
150 responden, dan teknik analisis yang dilakukan adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan Product Quality berpengaruh sebesar 16,4%
terhadap Customer Loyalty dan Service Quality berpengaruh sebesar 33,9%
terhadap Customer Loyalty. Dilihat secara parsial yang paling berpengaruh
terhadasp Customer Loyalty adalah variabel Service Quality.