Abstract:
Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan bagi industri riset pemasaran 5 tahun mendatang, dengan perkembangnya yang sangat dinamis, terlihat dari kian banyaknya perusahaan riset baru yang bermunculan, termasuk perusahaan riset global yang masuk ke Indonesia. Kenaikan jumlah perusahaan ini menunjukkan bahwa industri riset di Indonesia dinilai cukup menjanjikan dan kompetitif. Salah satu perusahaan riset di Indonesia khususnya di Kota Bandung adalah RAD Research, sebagai perusahaan riset yang memiliki pandangan berbeda dengan menerapkan konsep Blue Ocean Strategy sejak awal berdirinya perusahaan pada Juli 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rumusan konsep Blue Ocean Strategy dan mengetahui bagaimana RAD Reserach mengimplementasikan konsep tersebut dalam menghadapi persaingan bisnis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Dengan memakai teknik wawancara sebagai teknik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi mendalam mengenai situasi lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Teknik analisa data yang digunakan adalah PESTLE, five forces, Analisis SWOT, kerangka kerja Blue Ocean Strategy. Empat rintangan implementasi startegi, dan tiga prinsip proses yang adil.
Berdasarkan hasil penelitian, RAD Research telah melakukan tahapan implementasi konsep Blue Ocean Strategy yaitu melakukan pembaharuan ide bisnis RAD Research dengan membuat metode riset baru berbasis teknologi. RAD Research menggabungkan nilai-nilai yang dicari oleh konsumen dengan menawarkan nilai terbaik dan dapat berbiaya rendah. Dengan begitu implementasi blue ocean strategy berjalan dengan baik karena RAD Research mampu mengatasi rintangan organisasi serta mengintegrasikan implementasi strategi. Adapun saran yang diberikan yaitu, perusahaan perlu terus mengembangkan sebuah inovasi nilai untuk dapat menghadapi persaingan yang semakin ketat di dalam industri riset.