Analisis strategi diferensiasi Matoa Indonesia dalam melakukan ekspor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendrawan, Sanerya
dc.contributor.author Pertiwi, Rachmasari Dimas
dc.date.accessioned 2018-04-27T07:12:36Z
dc.date.available 2018-04-27T07:12:36Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35167
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5631
dc.description 7958 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pada era globalisasi saat ini kegiatan antar manusia antar negara dirasa sudah tidak memiliki sekat. Hal tersebut menjadi peluang bagi para pebisnis untuk bisa memasarkan dan menjual produknya ke mancanegara. Seperti yang dilakukan oleh Matoa Indonesia, salah satu brand di bidang industri kreatif di kota Bandung yang menawarkan produk berupa jam tangan kayu. Pada usahanya menembus pasar global, MATOA menggunakan diferensiasi sebagai strategi dalam melakukan ekspor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan ekspor yang dilakukan melalui strategi diferensiasi yang dijalankan MATOA serta langkah strategis perusahaan untuk tetap melakukan ekspor. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data atas objek penelitian di teliti melalui wawancara semi-struktur, observasi serta studi dokumen. Data kemudian dianalisis menggunakan Matriks SWOT, Matriks Evaluasi Faktor Internal (EFE), Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Matriks Internal-Eksternal (IE). Hasil penelitian menunjukan bahwa kecenderungan ekspor yang dilakukan MATOA mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini diiringi dengan diferensiasi yang dilakukan melalui dimensi content, context dan infrastructure yang memang efektif untuk diterapkan dalam rangka melakukan kegiatan ekspor. Namun dibutuhkan juga langkah strategis lainnya agar perusahaan tetap bisa berada pada pasar global. Berdasarkan pada hasil perhitungan Matriks Internal – Eksternal, perusahaan berada pada posisi kuadran II yaitu grow and build. Merujuk pada hasil matriks ini, selain dari pada entry strategies ekspor yang digunakan, perusahaan disarankan menggunakan dan mengombinasikan strategi diferensiasi dengan salah satu strategi intensif yaitu pengembangan produk. Perusahaan diharapkan dapat mempertimbangkan penerapan strategi alternatif ini sehingga dapat memperkuat posisi perusahaan dalam melakukan kegiatan ekspor di pasar global. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Pasar global en_US
dc.subject Ekspor en_US
dc.subject Diferensiasi en_US
dc.title Analisis strategi diferensiasi Matoa Indonesia dalam melakukan ekspor en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013320109
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420095901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account