Analisis yuridis perlindungan konsumen kafe pengguna jasa Wi-Fi yang disediakan oleh PT. X sebagai penyedia jasa Wi-Fi melalui perjanjian baku berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Johannes
dc.contributor.advisor Rachmanto, Aluisius Dwi
dc.contributor.author Marantika, Bernadeta Brindanti
dc.date.accessioned 2017-11-30T03:33:01Z
dc.date.available 2017-11-30T03:33:01Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34803
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4420
dc.description 3899 - FH en_US
dc.description.abstract Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat erat kaitannya dengan munculnya internet dalam kehidupan manusia. Penggunaan internet membutuhkan jaringan yang cepat dan akurat, sehingga ditemukan sistem hi-tech dan hi-speed, dimana salah satunya berupa teknologi yang disebut Wi-Fi (Wireless Fidelity). Layanan jasa Wi-Fi saat ini banyak dijumpai di kafe-kafe untuk dapat menarik konsumen datang ke kafe tersebut. PT.X sebagai pelaku usaha penyedia jasa Wi-Fi menyediakan layanan jasa Wi-Fi untuk konsumen kafe serta paket jasa marketing untuk dimanfaatkan oleh pemilik kafe. Untuk memanfaatkan layanan jasa Wi-Fi milik PT.X, konsumen harus login terlebih dahulu dengan menggunakan email atau media sosial atau nomor handphone. Dalam menyediakan layanan jasa Wi-Fi, PT.X juga membuat perjanjian baku berupa Syarat dan Ketentuan PLPA dan Kebijakan Privasi yang ditujukan untuk konsumen Wi-Fi. Perjanjian baku yang disediakan oleh PT.X terdapat klausula baku yang menyatakan penghapusan tanggung jawab PT.X sebagai pelaku usaha yang menyediakan layanan jasa Wi-Fi. Klausula baku tersebut bertentangan dengan larangan pencantuman klausula baku yang diatur dalam Pasal 18 Ayat (1) UUPK. Akibat dari pencantuman klausula baku yang telah melanggar Pasal 18 Ayat (1) tersebut, maka sesuai dengan ketentuan padal Pasal 18 Ayat (3) klausula tersebut batal demi hukum. Agar konsumen bisa mendapatkan perlindungan hukum akibat penghapusan tanggung jawab PT.X yang dicantumkan dalam klausula baku, maka sesuai dengan Pasal 4 UUPK, konsumen mempunyai hak untuk mendapatkan perlindungan hukum berupa penyelesaian sengketa konsumen dan mendapatkan ganti rugi. en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.subject Klausula Baku en_US
dc.subject Wi-Fi en_US
dc.subject Perlindungan Konsumen en_US
dc.title Analisis yuridis perlindungan konsumen kafe pengguna jasa Wi-Fi yang disediakan oleh PT. X sebagai penyedia jasa Wi-Fi melalui perjanjian baku berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013200104
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412115201
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0424096804
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account