Abstract:
Pendahuluan - Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan
perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, melindungi, memproses,
mentransmisikan, dan memperoleh informasi secara aman. Sehubungan dengan
perkembangan teknologi informasi, di Indonesia kerap bermunculan perusahaan yang
berbasis teknologi informasi yang bernama e-business atau e-commerce. Salah satu
perusahaan berbentuk e-commerce di sektor jasa yang sedang kerap hangat
diperbincangkan saat ini adalah GO-JEK yang mana menawarkan jasa transportasi
sepeda motor berbasis aplikasi telfon seluler yaitu GO-RIDE. Total pengguna aplikasi
GO-JEK mencapai 21,6 persen dari total pengguna aplikasi teknologi yang dipakai di
Indonesia dibandingkan pesaingnya. Dengan kemunculan pesaing-pesaing yang
menawarkan jasa serupa, GO-RIDE pun melaksanakan sales promotion dan
advertising untuk tetap mampu mempertahankan konsumen yang sudah ada serta
mampu mendapatkan konsumen baru.
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh sales promotion dan
advertising terhadap niat beli ulang konsumen GO-RIDE di Bandung. Variabel yang
digunakan adalah sales promotion sebagai variabel X1 serta advertising sebagai
variabel X2 dan niat beli ulang sebagai variabel Y.
Metode Penelitian – Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada
127 responden yang sudah menggunakan GO-RIDE minimal satu kali dan telah
menggunakan metode pembayaran GO-PAY. Analisis regresi linier berganda
digunakan untuk mengetahui pengaruh dari variabel independen yaitu
sales promotion (X1) dan advertising (X2) terhadap variabel dependen yaitu
niat beli ulang (Y).
Temuan – Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan
dari sales promotion dan advertising terhadap niat beli ulang. Berdasarkan hasil
penelitian, sales promotion dan advertising yang dilakukan GO-RIDE berpengaruh
sebesar 40,6% terhadap niat beli ulang konsumen.