Abstract:
Dewasa ini, setiap perusahaan dapat memiliki keunggulan kompetitif melalui empowerment
dan engagement kepada karyawan dan konsumen untuk tetap bertahan di dalam industri. Di dalam
perusahaan, karyawan dan konsumen seharusnya menjadi fokus utama dalam menjalankan aktivitas
bisnis & pelayanan perusahaan. Pada penelitian ini penulis hendak melihat secara khusus variabel
kepuasan karyawan dan kepuasan konsumen pada CV X di Cirebon.
Pada tahap preliminary research penulis menemukan beberapa karyawan CV X menyatakan
bahwa mereka sudah merasa puas dengan tempat mereka bekerja berdasarkan wawancara yang
dilakukan kepada mereka. Pada tahap preliminary research tentang kepuasan konsumen, konsumen CV
X juga menyatakan sudah cukup puas dengan kinerja CV X. Penulis menganggap penting untuk tetap
mengukur tingkat kepuasan karyawan dan konsumen CV X karena meskipun karyawan dan konsumen
telah menyatakan bahwa mereka merasa puas dalam preliminary research, tetapi di dalam perusahaan,
tentunya masih ada hal-hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya perbaikan atau
improvement dari perusahaan agar dapat mencapai pelayanan dan potensi yang maksimal.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif. Penulis mengumpulkan data
dengan cara menyebarkan kuesioner dan pada preliminary research melakukan observasi dan
wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan untuk analisis deskriptifnya,
dilakukan secara kualitatif.
Hasil dari penelitian ini ditemukan tingkat kepuasan karyawan berada pada kategori tinggi
dengan skor 2610 yaitu yang termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan, untuk variabel kepuasan
konsumen, ditemukan bahwa konsumen merasa puas karena kinerja produk menurut konsumen secara
keseluruhan mampu memenuhi harapan pelanggan (konsumen). Hal ini dapat dilihat dari nilai total
selisih antara Expectation & Performance yang bernilai positif 9.