Abstract:
Pendahuluan – Seiring berjalannya waktu, gaya hidup sehat dan perawatan penampilan
jasmani semakin diadopsi oleh masyarakat Indonesia. Sebuah penelitian menyatakan bahwa
dari dua tahun yang lalu kesadaran akan kesehatan pribadi untuk menjadi prioritas utama
terus meningkat. Century dan Guardian, sebagai bisnis yang bergerak di bidang farmasi yang
menjual obat-obatan dan produk personal care dapat memanfaatkan fenomena ini untuk
memuaskan permintaan pasar. Century dan Guardian memiliki gerai yang tersebar di hampir
seluruh Indonesia, termasuk di Bandung, dan persaingan menuntut kedua toko untuk saling
mengungguli satu sama lain, dan juga drugstore lainnya. Hanya saja, berdasarkan observasi
dan wawancara, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara traffic toko Century dan
Guardian di Cihampelas Walk Bandung.
Berdasarkan keadaan tersebut, penulis melakukan preliminary research dan mengobservasi
gejala yang ada, yaitu ketika berada di Cihampelas Walk, sebagian besar responden lebih
memilih Guardian dibanding Century. Mereka merasa toko Century secara fisik tidak
menarik baik dari segi dekorasi dan warna, remang, dan tidak menimbulkan gairah
berbelanja. Sedangkan, mereka berpendapat toko Guardian secara fisik lebih mengundang,
menimbulkan keinginan memasuki toko dan berbelanja.
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh persepsi konsumen atas store
atmosphere terhadap brand preference dari Century dan Guardian di Cihampelas Walk.
Variabel yang digunakan adalah variabel store atmosphere sebagai variabel independen (X)
dan brand preference sebagai variabel dependen (Y). Variabel store atmosphere sendiri
terdiri dari 6 subvariabel yaitu display, layout, lighting, cleanliness,visual merchandising,
dan color.
Metode Penelitian – Penelitian ini menggunakan metode survei dengan membagikan
kuesioner kepada 143 responden yang pernah mengunjungi Century dan Guardian di
Cihampelas Walk. Multiple Linear Regression digunakan untuk mengetahui pengaruh dari
masing-masing subvariabel independen (store atmosphere) terhadap variabel dependen
(brand preference).
Temuan – Hasil penelitian menunjukkan ada 3 subvariabel store atmosphere yang
berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap brand preference Century, yaitu: display,
lighting dan color. Dan ada 2 subvariabel store atmosphere yang berpengaruh secara
signifikan dan positif terhadap brand preference Guardian, yaitu: display dan visual
merchandising.