Abstract:
Selebriti endorsemen merupakan semua individu yang menikmati pengenalan publik dan menggunakan pengenalan ini untuk kepentingan produk konsumen dengan tampil bersama produk tersebut dalam suatu iklan. Selebriti endorsemen diindentifikasikan melalui indikator- indikator visibility, credibility, attraction, dan power. Selebriti endorsemen dapat dilakukan oleh seorang selebriti maupun non selebriti. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bahwa seorang selebriti endorsemen apakah memiliki pengaruh terhadap produk yang diendorsenya dan selebriti endorsemen memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita muda Bandung yang suka berbelanja online di sosial media instagram dan pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari analisis regresi linear berganda menunjukkan pengaruh selebriti endorsemen yang dilakukan selebriti ada beberapa dimensi yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Begitu pula yang dilakukan non selebriti ada dimensi yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.