Abstract:
Petualangan alam merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia. Karena Indonesia mempunyai kekayaan alam yang luar biasa mulai dari gunung, laut dan hutan. Untuk melakukan kegiatan petualangan diperlukan alat-alat khusus yang bisa menunjang kegiatan petualangan alam tersebut sehingga aman dan nyaman. Eiger dan Rei merupakan merek yang menjual peralatan petualangan alam seperti ransel, tenda, jaket, topi dan lain-lain. Namun dari hasil preliminary research, bauran pemasaran Eiger lebih unggul dari bauran pemasaran Rei. Bauran pemasaran yang baik sangat mempengaruhi preferensi merek tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempengaruhi pengaruh bauran pemasaran terhadap preferensi merek Rei dan Eiger di Kota Bandung.
Metode Penelitian yang dipakai adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari kuesioner menunjukan bahwa persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran yaitu produk, promosi, tempat, harga, proses, orang dan bukti fisik dari Eiger mengungguli bauran pemasaran Rei. Dalam penelitian ini, secara stimultan bauran pemasaran secara bersama-sama mempengaruhi preferensi merek dari Eiger dan Rei. Tetapi secara parsial, hanya produk dan promosi yang mempengaruhi preferensi merek dari Rei sebesar 21 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sedangkan preferensi merek Eiger hanya dipengaruhi oleh orang dan bukti fisik sebesar 38% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dari itu,Rei harus meningkatkan produk dan promosi nya untuk bisa bersaing dengan Eiger. Sedangkan Eiger harus meningkatkan orang dan bukti fisik nya.