Abstract:
Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari
perekonomian suatu negara ataupun daerah. Peran penting tersebut telah mendorong banyak
negara termasuk Indonesia untuk terus berupaya mengembangkan UMKM. Perkembangan
UMKM menjadi faktor pendukung peningkatan berbagai macam usaha baik usaha kategori mikro,
kecil dan menengah, khususnya di kota Bandung selain dikenal dengan istilah kota kembang juga
dikenal kota mode termasuk industri kreatif seperti pakaian, tas, sepatu dan aksesoris. Wormhole
Store merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pakaian dan dibentuk sejak tahun
2010. Target market perusahaan ini adalah remaja. Berdasarkan penuturan pemilik, belliau akan
mengembangkan usahanya dengan strategi ekspansi sehingga dibutuhkan perencanaan laba.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, dimana
penelitian ini berusaha menggambarkan keadaan keuangan perusahaan yang sebenarnya tampak
pada saat penelitian ini dilakukan, dengan cara mengumpulkan, menganalisa, menginterpretasikan
data yang diperoleh dan membuat suatu kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Data yang
didapat merupakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder berupa
laporan keuangan perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengevaluasi dua alternatif strategi untuk
menambah laba perusahaan yaitu strategi A dengan tetap berusaha seperti sekarang dan strategi B
dengan melakukan penambahan produk dan memperluas toko. Jika strategi A dengan tidak
merubah usahanya dan tetap melakukan dengan cara yang sama akan menghasilkan laba yang
cukup stabil. Jika strategi B dengan melakukan perluasan toko dan menambah produk yang dijual
maka penjualan akan mengalami peningkatan dan juga akan meningkatkan laba. Kedua strategi
tersebut dapat dijalankan oleh perusahaan namun strategi B mendapatkan laba yang meningkat
dari waktu ke waktu.