Abstract:
Balubur Town Square (Baltos) merupakan salah satu pusat penjualan busana
muslim terbesar di Kota Bandung. Balubur Town Square menyediakan banyak
macam pilihan busana muslim dengan banyak pelaku usaha yang menjual produk
serupa. Hal tersebut memaksa pelaku usaha busana muslim yang menjalankan
usahanya di Balubur Town Square untuk selalu berinovasi untuk dapat bertahan
dalam persaingan yang terjadi. Inovasi terdiri dari enam karakteristik, dimana
product innovation dan process innovation merupakan bagian dari innovation
performance dan terdapat lima faktor yang dapat mempengaruhi innovation
performance, salah satunya adalah differentiation. Oleh karena itu, perlu diketahui
seberapa besar pengaruh dari strategi differentiation terhadap innovation
performance industri busana muslim di Balubur Town Square Lantai 2 Bandung
sebagai objeknya.
Produk Innovation adalah sesuatu yang berkaitan dengan menghasilkan
gagasan baru atau penciptaan sesuatu yang sama sekali baru yang tercermin
dalam perubahan pada produk akhir atau layanan yang ditawarkan oleh organisasi
(Prajogo, Laosirihongthong, Sohal&Boon-itt, 2007:56). Process Innovation adalah
suatu aktivitas yang berfokus pada peningkatan efektivitas dan efisiensi produk
(Suroso&Azis, 2015:388). Differentiation adalah suatu bisnis yang berfokus pada
pencapaian kinerja yang superior (Kotler&Keller, 2012:73).
Metode penelitian yang digunakan ialah explanatory study. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan
kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah pelaku usaha busana muslim yang
menjalankan usahanya di Balubur Town Square Lantai 2 Bandung. Ukuran sampel
yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 90 responden dengan teknik
sampling menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil strategi differentiation di industri
busana muslim di Balubur Town Square Lantai 2 berada pada kategori tinggi (3,99).
Aktivitas innovation performance berada pada kategori tinggi (3,82). Serta, strategi
differentiation memberikan pengaruh sebesar 48,2% terhadap innovation
performance industri busana muslim di Balubur Town Square Lantai 2 Bandung.