Analisis pengaruh celebrity endorser dan typical-person endorser terhadap pembelian impulsif di online shop My Rubylicious

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sunanto, Sandra
dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Santosa, Richard
dc.date.accessioned 2017-10-12T06:58:19Z
dc.date.available 2017-10-12T06:58:19Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34495
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3498
dc.description 22709 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan teknologi sudah maju cukup pesat, hal ini mengakitbatkan penyebaran informasi lebih mudah dilakukan pada saat ini. Di era digital ini semua menjadi lebih mudah dan praktis, tidak hanya dalam hal berinteraksi, tapi juga dalam kegiatan berbisnis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya online shop yang menjamur baik di website maupun di media sosial lainnya. Online shop melakukan kegiatan pemasaran seperti promosi dan komunikasi dengan konsumennya melalui media berbasis internet seperti media sosial Instagram maupun website. My rubylicious merupakan salah satu online shop dengan pusat di Kota Bandung yang memanfaatkan media seperti website dan media sosial Intagram dalam melakukan kegiatan pemasarannya. My rubylicious sendiri merupakan online shop yang produk fashion-nya banyak dibeli oleh konsumennya. Pihak My rubylicious sendiri menyatakan bahwa salah satu faktor banyaknya konsumen yang membeli produknya dikarenakan adanya media website serta media sosial seperti Instagram yang digunakan oleh My rubylicious sebagai alat promosi dan komunikasi, serta menggunakan jasa endorser dari kalangan selebriti (celebrity endorser) dan kalangan masyarakat biasa (typical-person endorser) yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produknya secara spontan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengkonfirmasi serta mengetahui bagaimana pengaruh celebrity endorser dan typical-person endorser terhadap pembelian impulsif yang terjadi di online shop My rubylicious. Variabel dalam penelitian ini adalah celebrity endorser dan typical-person endorser sebagai variabel bebas dan pembelian impulsif sebagai variabel terikatnya. Penulis membagikan kuesioner terhadap 130 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling. Penulis kemudian mengolah data yang berasal dari responden dengan menggunakan analisa deskriptif guna mengetahui persepsi konsumen mengenai pernyataan yang diajukaan, serta melakukan regresi linier berganda untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Hasil analisa yang dilakukan oleh penulis berdasarkan nilai rata-rata hitung menunjukkan bahwa persepsi responden sudah baik terhadap atribut trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity milik variabel celebrity endorser dan variabel typical-person endorser. Menurut hasil analisis yang dilakukan penulis, dapat terlihat bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel celebrity endorser dan variabel typical-person endorser terhadap pembelian impulsif yang terjadi di online shop My rubylicious. Saran dari penulis terhadap My rubilicious adalah endorser yang digunakan oleh pihak My rubylicious lebih baik melakukan ulasan mengenai produk endorsement agar konsumen dapat lebih mengerti produk yang ditawarkan oleh My rubylicious, selain itu pihak My rubylicious disarankan membentuk daftar testimonial yang terdiri dari celebrity endorser dan typical-person endorser, sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen. Pihak My rubylicious harus mempertahankan penggunaan jasa celebrity endorser dan typical-person endorser agar terus memicu terjadinya pembelian impulsif oleh konsumen di Online Shop My rubylicious. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject typical-person endorser en_US
dc.subject celebrity endorser en_US
dc.subject website en_US
dc.subject Instagram en_US
dc.subject pembelian impulsive en_US
dc.title Analisis pengaruh celebrity endorser dan typical-person endorser terhadap pembelian impulsif di online shop My Rubylicious en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120120
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account