Abstract:
Perkembangan teknologi sudah maju cukup pesat, hal ini mengakitbatkan penyebaran
informasi lebih mudah dilakukan pada saat ini. Di era digital ini semua menjadi lebih mudah
dan praktis, tidak hanya dalam hal berinteraksi, tapi juga dalam kegiatan berbisnis. Hal ini
dibuktikan dengan banyaknya online shop yang menjamur baik di website maupun di media
sosial lainnya. Online shop melakukan kegiatan pemasaran seperti promosi dan komunikasi
dengan konsumennya melalui media berbasis internet seperti media sosial Instagram
maupun website. My rubylicious merupakan salah satu online shop dengan pusat di Kota
Bandung yang memanfaatkan media seperti website dan media sosial Intagram dalam
melakukan kegiatan pemasarannya. My rubylicious sendiri merupakan online shop yang
produk fashion-nya banyak dibeli oleh konsumennya. Pihak My rubylicious sendiri
menyatakan bahwa salah satu faktor banyaknya konsumen yang membeli produknya
dikarenakan adanya media website serta media sosial seperti Instagram yang digunakan
oleh My rubylicious sebagai alat promosi dan komunikasi, serta menggunakan jasa endorser
dari kalangan selebriti (celebrity endorser) dan kalangan masyarakat biasa (typical-person
endorser) yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produknya secara spontan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengkonfirmasi serta mengetahui bagaimana
pengaruh celebrity endorser dan typical-person endorser terhadap pembelian impulsif yang
terjadi di online shop My rubylicious.
Variabel dalam penelitian ini adalah celebrity endorser dan typical-person
endorser sebagai variabel bebas dan pembelian impulsif sebagai variabel terikatnya. Penulis
membagikan kuesioner terhadap 130 responden dengan menggunakan teknik nonprobability
sampling dengan purposive sampling. Penulis kemudian mengolah data yang
berasal dari responden dengan menggunakan analisa deskriptif guna mengetahui persepsi
konsumen mengenai pernyataan yang diajukaan, serta melakukan regresi linier berganda
untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Hasil
analisa yang dilakukan oleh penulis berdasarkan nilai rata-rata hitung menunjukkan bahwa
persepsi responden sudah baik terhadap atribut trustworthiness, expertise, attractiveness,
respect, dan similarity milik variabel celebrity endorser dan variabel typical-person endorser.
Menurut hasil analisis yang dilakukan penulis, dapat terlihat bahwa terdapat pengaruh secara
bersama-sama antara variabel celebrity endorser dan variabel typical-person endorser
terhadap pembelian impulsif yang terjadi di online shop My rubylicious.
Saran dari penulis terhadap My rubilicious adalah endorser yang digunakan
oleh pihak My rubylicious lebih baik melakukan ulasan mengenai produk endorsement agar
konsumen dapat lebih mengerti produk yang ditawarkan oleh My rubylicious, selain itu pihak
My rubylicious disarankan membentuk daftar testimonial yang terdiri dari celebrity endorser
dan typical-person endorser, sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen. Pihak My
rubylicious harus mempertahankan penggunaan jasa celebrity endorser dan typical-person
endorser agar terus memicu terjadinya pembelian impulsif oleh konsumen di Online Shop My
rubylicious.