Abstract:
Pada jaman sekarang orang semakin peduli akan kesehatan bukan hanya orang yang berusia tua saja akan tetapi usia muda juga selain itu adanya tingkat stress yang kian meningkat 10% setiap tahunnya. Karena itu kita memerlukan olahraga, olahraga merupakan kegiatan untuk melatih fisik dan juga melatih dalam hal mental. Banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari berenang, yoga dan fitness.Hal ini menjadi masalah bagi Helios Fitness yaitu makin banyaknya pesaing.
Data dari Helios Fitness pada bulan agustus tahun 2014 sampai agustus 2016 menunjukan adanya penurunan pada member yang melakukan pembelian ulang. Masalah yang muncul ada pada kualitas pelayanan yang didapat dari hasil wawancara member Helios Fitness. Masalah yang ada adalah ketidakpuasan konsumen atas kualitas pelayanan sehingga niat beli ulang konsumen menurun.
Faktor-faktor dalam kualitas jasa yang dipertimbangkan oleh konsumen adalah reliability, ressponsiveness, assurance, tangibles dan empathy. Setiap variabel tersebut akan diteliti dan dilihat pengaruh kepuasan konsumen terhadap niat beli ulang konsumen Helios Fitness Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Penelitian membagikan kuisioner kepada 100 orang dengan menggunakan teknik judgement sampling dengan syarat responden harus pernah berolahraga di Helios Fitness dan gemar berolahraga. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakaan model regresi linear berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh reliability, ressponsiveness, assurance, tangibles dan empathy terhadap niat beli ulang konsumen. Hasil penelitian diolah menggunakan program SPSS 20.
Setelah melakukan uji parsial didapat hasil dimensi tangible dan empathy yang berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen Helios Fitness Jalan Peta No.241 Bandung yang dapat dilihat dari nilai t yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,985. Hasil uji menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5% menghasilkan adjusted R Square 58,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan Helios Fitness untuk focus meningkatkan tangibles dan empathy karena berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen.