Abstract:
Kedai ”Cafe Madtari” merupakan pelopor yang menjual berbagai makanan pinggir jalan, seperti roti bakar, pisang bakar, mie instant, dan susu. Kedai ini mulai beroperasi pada tahun 1999 dan berlokasi di Jalan Rangga Gading no 10, Bandung. Pada pertengahan tahun 2014, munculah kedai”Warunk Upnormal” yang menjual komoditas sama, yaitu roti bakar, mie instant, dan susu, tetapi yang membedakan adalah atribut produk dan store atmosphere. Dalam tempo dua tahun, kedai”Warunk Upnormal” berhasil membuka sepuluh cabang di Bandung dan omzet kedai”Cafe Madtari” per hari menurun tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kepuasan konsumen atas atribut produk, store atmosphere, dan niat beli ulang di kedai”Warunk Upnormal” dan kedai Cafe Madtari”. Atribut produk yang diteliti mengacu pada flavour , consistency, texture, nutritional content, visual appeal, aromatic appeal, dan temperature. Store atmosphere yang diteliti mengacu pada exterior, general interior, dan store layout. Niat beli ulang yang diteliti mengacu pada niat transaksional, niat referensial, niat preferensial, dan niat eksploratif
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif, menggunakan 100 responden secara judgment sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan paired sample T-test.
Secara keseluruhan rata-rata kepuasan konsumen atas atribut produk kedai”Warunk Upnormal” termasuk kategori puas dengan skor rata-rata sebesar 4,2, sedangkan rata-rata kepuasan konsumen atas atribut produk kedai ”Cafe Madtari” termasuk kategori kurang puas dengan skor rata-rata sebesar 2,2. Sementara itu, rata-rata kepuasan konsumen atas store atmosphere kedai”Warunk Upnormal” termasuk kategori puas dengan skor rata-rata sebesar 4,2, sedangkan rata-rata kepuasan konsumen atas store atmosphere kedai “Cafe Madtari” termasuk kategori kurang puas dengan skor rata-rata sebesar 2,3. Dan rata-rata niat beli ulang konsumen ke kedai”Warunk Upnormal” termasuk kategori sangat niat dengan skor rata-rata sebesar 4,3, sedangkan rata-rata niat beli ulang konsumen ke kedai”Cafe M