dc.description.abstract |
Mobil merupakan salah satu kendaraan primer yang digunakan masyarakat Indonesia pada
saat ini. Konsumen memilih suatu brand mobil berdasarkan berbagai pertimbangan pribadi
mereka. Sehingga penting bagi produsen mobil untuk membangun brand yang kuat demi
mencapai tujuan organisasi. Brand knowledge dianggap dapat membentuk persepsi dan
evaluasi konsumen akan sebuah brand dan terikat dengan representasi kognitif dari sebuah
brand, tidak hanya dari hal yang secara nyata terkait dengan produk fisiknya, namun dari sisi
sebaliknya yang lebih abstrak. Brand knowledge merupakan ingatan dan asosiasi positif akan
suatu brand dalam benak konsumen. Konsumen dengan ingatan dan asosiasi positif yang
besar akan suatu brand kemudian membentuk komunitas brand, yang di dalamnya terdapat
penggemar brand yang sama, berkumpul bersama untuk saling bertukar informasi,
berkomitmen untuk melakukan aktivitas konsumsi dari brand yang mereka miliki. Aktivitasaktivitas
dari komunitas Mercedes-Benz ini dianggap dapat mempengaruhi niat beli
konsumen yang bukan anggota komunitas dalam pembelian produk.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand
knowledge terhadap komunitas Mercedes-Benz, pengaruh brand knowledge dan komunitas
Mercedes-Benz terhadap niat beli, baik secara parsial maupun simultan, serta pengaruh tidak
langsung dari brand knowledge terhadap purchase intention melalui komunitas Mercedes-
Benz pada PT. Citrakarya Pranata.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif yang memberikan gambaran mengenai brand knowledge, komunitas, dan niat beli
konsumen Mercedes-Benz. Data penelitian yang dikumpulkan terdiri dari data primer yang
didapat dari kuesioner yang disebar ke 80 responden dan data sekunder yang didapat dari
berbagai literatur mengenai brand knowledge, brand community affect, dan purhase intention.
Hasil dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa brand knowledge
konsumen dan komunitas Mercedes-Benz berpengaruh terhadap niat beli konsumen
Mercedes-Benz pada PT. Citrakarya Pranata. |
en_US |