Abstract:
Store atmosphere merupakan salah satu elemen yang penting dalam masa yang modern ini, karena dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Store atmosphere yang nyaman dan baik dapat menghasilkan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian ulang atau minat kunjung ulang. Tetapi sebelum terjadinya sebuah pembelian ulang atau kunjungan ulang, harus muncul terlebih dahulu minat dari konsumen. Dengan store atmosphere yang positif dari Miko Mal Bandung diharapkan muncul minat berkunjung ulang konsumen ke Miko Mal Bandung dan membuat mal tersebut semakin ramai dikunjungi. Berman dan Evan (2008: 604) membagi store atmosphere kedalam 4 elemen yang akan digunakan dalam penelitian ini, yakni exterior, general interior, store layout, dan interior (pop) display. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah casual study, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan secara kuantitatif. Data didapatkan secara sebar manual dan typefom kepada responden yang secara acak dijumpai di dalam Miko Mal Kopo Bandung. Karakteristik responden yang dibutuhkan adalah yang sudah pernah mengunjungi Miko Mal Kopo Bandung. Hasil penelitian menunjukkan store atmosphere berpengaruh secara signifikan sebesar 42,7% terhadap minat kunjung ulang konsumen dan sisanya sebesar 57,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sedangkan secara parsial, hanya sub-variabel exterior dan interior (pop) display berpengaruh secara signifikan terhadap minat kunjung ulang konsumen. Sub-variabel general interior dan store layout tidak berpengaruh secara signifikan. Banyak informasi yang didapatkan dari responden mengenai hal apa saja yang membuat konsumen tidak nyaman ketika mengunjungi Miko Mal. Oleh sebab itu, pihak manajemen Miko Mal Kopo Bandung disarankan lebih memperhatikan store atmosphere-nya agar dapat meningkatkan minat kunjung ulang konsumen ke Miko Mal Kopo Bandung.