Pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek : studi pada mobil Honda

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adriani, Leokadia Retno
dc.contributor.author Novian, Aloisius Arief
dc.date.accessioned 2017-10-10T04:17:07Z
dc.date.available 2017-10-10T04:17:07Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34467
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3420
dc.description 22681 - FE en_US
dc.description.abstract Banyaknya pilihan mobil yang dapat dipilih oleh masyarakat, membuat calon konsumen tersebut harus semakin selektif dalam memilih produk yang akan dibeli. Selain itu, konsumen juga mempertimbangkan kepercayaan yang dimilikinya terhadap suatu merek mobil yang akan dipilih. Kepercayaan merek dapat diartikan sebagai kesediaan konsumen untuk percaya pada suatu merek meskipun beresiko karena terdapat ekspektasi bahwa merek tersebut akan memberikan hasil yang positif. (Lau dan Lee, 1999 : 344). Pengguna mobil dapat memiliki keinginan untuk membeli lagi merek mobil yang sama jika mereka ingin membeli mobil lagi di kemudian hari. Loyalitas merek dapat diartikan sebagai niat perilaku untuk membeli sebuah produk dari suatu merek dan mendorong orang lain untuk membeli merek produk tersebut (Lau dan Lee, 1999 : 351). Mengetahui informasi tersebut, maka penulis meneliti Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas (Pada Merek Mobil Honda). Dimensi kepercayaan merek adalah Brand Characteristic dan Consumer- Brand Characteristic. Loyalitas adalah komitmen yang dipegang secara teguh untuk membeli atau mendukung kembali produk atau jasa yang disukai di masa depan meski pengaruh situasi dan usaha pemasaran berpotensi menyebabkan perubahan pola perilaku. Dengan adanya kepercayaan merek yang tinggi terhadap sebuah merek tertentu, tentu akan mempengaruhi pula loyalitas seorang konsumen terhadap sebuah merek di kemudian hari ketika akan melakukan kembali perilaku konsumsi (dikutip dari Oliver dalam Kotler dan Keller (2007 : 175). Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang berusia 17-55 tahun yang pernah memiliki mobil Honda di Kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Penulis menggunakan teknik analisis data, yaitu analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen tidak memiliki kepercayaan merek terhadap merek mobil Honda dengan rincian sebagai berikut : Brand Reputation cukup, Brand Predictability cukup, Brand Competence negatif, Similarity Between Consumer’s Self-Concept and Brand Personality cukup, Brand Liking negatif, Brand Experience negatif, Brand Satisfaction negatif, Peer Support negatif, Trust in The Brand cukup dan konsumen tidak memiliki loyalitas terhadap merek mobil Honda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek mobil Honda sebesar 58,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Brand trust en_US
dc.subject brand loyalty en_US
dc.title Pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek : studi pada mobil Honda en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2011120175
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409125801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account