Abstract:
Perkembangan industri di bidang kuliner dipicu oleh dampak globalisasi dan pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang semakin tinggi setiap tahunnya, sehingga prospek bisnis dalam industri tersebut sangat menjanjikan. Penetapan strategi bersaing menjadi salah satu kunci untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran strategis dari GiggleBox Café dan Resto dari perspektif Blue Ocean Strategy, dan mengkonfirmasi apakah strategi bersaing yang diterapkan oleh GiggleBox Café dan Resto termasuk ke dalam strategi yang baik atau tidak menurut konsep Blue Ocean Strategy untuk menghadapi persaingan bisnis.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis deskriptif. Dengan memakai teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan pemilik dari GiggleBox Café dan Resto, yang bertujuan untuk mengetahui segala informasi secara mendalam mengenai situasi dan kondisi lingkungan baik eksternal maupun internal yang kemudian akan dipetakan ke dalam beberapa alat analisis seperti PESTEL, five forces dan kerangka kerja Blue Ocean Strategy.
Berdasarkan hasil penelitian, GiggleBox Café dan Resto terbukti mengimplementasikan Blue Ocean Strategy karena memiliki inovasi nilai yang unik dan berbeda dari pesaing-pesaingnya pada tahun 2010. Adapun saran yang diberikan yaitu GiggleBox Café dan Resto perlu mengevaluasi kembali strategi yang diterapkan, karena persaingan industri kuliner dewasa ini sudah dikategorikan sangat jenuh sehingga GiggleBox Café dan Resto rentan terjebak ke dalam samudra merah (Red Ocean).