Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan brand experience dengan consumer satisfaction produk smartphone brand Apple dan produk smartphone brand Samsung di kalangan mahasiswa UNPAR Bandung.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, menggunakan metode penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UNPAR Bandung yang pernah memakai produk smartphone brand Apple dan produk smartphone brand Samsung dengan jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 150 orang menggunakan asumsi Sekaran dan Bougie, dengan nilai alpha sebesar 5%. Pemilihan sampel menggunakan teknik non probability sampling jenis sampling kuota. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi spearman brown karena setelah dilakukan uji normalitas dengan hasil sebesar 0,014, hasilnya berada di bawah nilai alpha sebesar 5%. Analisis data menggunakan software pengolahan data statistik 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer satisfaction produk smartphone brand Apple dan produk smartphone brand Samsung di kalangan mahasiswa UNPAR Bandung dengan nilai korelasi sebesar 85,4% karena berada pada skala 0,80 – 1 yang berarti hubungan brand experience dan consumer satisfaction dinyatakan sangat kuat.