Abstract:
Dengan berkembangnya industri pakaian kreatif di Indonesia, mengharuskan para perusahaan industri kreatif bersaing secara ketat dalam memunculkan ide terhadap produk-produk baru yang inovatif khususnya dalam bidang tren pakaian yang bersifat dinamis. Permintaan konsumen untuk munculnya produk baru terhadap bisnis pakaian di Indonesia menjadi sebuah peluang untuk melakukan sebuah inovasi bagi Bluesville, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pakaian di Indonesia. Inovasi merupakan strategi untuk memenangkan persaingan bisnis. Berdasarkan hal tersebut, dalam penelitian ini akan membahas dan menganalisa mengenai langkah strategi inovasi yang dilakukan oleh Bluesville dalam mengembangkan produknya.
Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisa langkah strategi inovasi dalam pengembangan produk yang dilakukan Bluesville, dengan menggunakan jenis penelitian secara kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan melakukan wawancara dan pengamatan untuk mengetahui informasi yang diperlukan untuk dibahas. Teknik analisis data yang digunakan adalah melakukan perbandingan teori dengan data yang dikumpulkan untuk menjawab masalah penelitian yang sudah dirumuskan.
Dengan hasil analisa yang dilakukan terhadap perusahaan Bluesville, dapat ditarik kesimpulan bahwa Bluesville mengambil langkah strategis dengan melakukan serangkaian tahapan dalam mengembangkan produk barunya sebagai bentuk inovasi. Bluesville melakukan inovasi produk, inovasi pasar dan inovasi bisnis.
Berdasarkan data dan analisis yang dilakukan, penulis memberikan saran untuk Bluesville agar lebih memperkuat konsep pada inovasi produknya dengan menghasilkan ide-ide baru untuk memenangkan persaingan dengan munculnya produk sejenis yang diciptakan pesaing baru.