Abstract:
Dewasa ini pergerakan bisnis sudah semakin berkembang. Salah satunya dalam dunia teknologi. Sudah tidak aneh lagi kita melihat orang – orang membawa smartphonenya. Tercatat 108 merk yang memproduksi smartphone hingga saat ini. Kepercayaan merk dan loyalitas merk merupakan aspek yang sangat penting untuk memenangkan pasar di zaman seperti ini. Berdasarkan wawancara yang dilakukan penulis kepada 10 responden pengguna smartphone Apple, ditemukan bahwa 90% percaya kepada merk Apple dan 80% akan melakukan pembelian ulang kepada merk Apple. Sedangkan terdapat 100% responden percaya kepada Smartphone Samsung dan akan melakukan pembelian ulang kepada merk Samsung.
Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode survai. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara. Pada penelitian ini diambil 150 responden pengguna smartphone Apple dan Samsung. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis menggunakan Analisis Korelasi untuk mengetahui kuatnya suatu hubungan.
Kesimpulan yang didapat dari penlitian ini adalah terdapatnya hubungan yang tinggi antara kepercayaan merk (brand trust) dengan loyalitas merk (Brand Loyalty)