Pengaruh Virtual Influencer terhadap sikap audiens Virtual Influencer Rozy

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Khoirunnisa, Nadiya Almaas
dc.date.accessioned 2025-01-16T06:57:49Z
dc.date.available 2025-01-16T06:57:49Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46761
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19705
dc.description 10678 - FISIP en_US
dc.description.abstract Virtual Influencer (VI) adalah salah satu produk Artifical Intelligence (AI) sebagai respons atas maraknya influencer manusia untuk tujuan promosi. Sebagai "manusia" buatan, VI tampil seperti manusia pada umumnya. Mereka terlihat seperti manusia, memiliki aktivitas sehari-hari, dan bahkan teman. Beberapa VI telah berkolaborasi dengan selebriti dalam interaksi nyata. VI menawarkan keuntungan seperti pengurangan biaya dan kemampuan untuk mengendalikan tindakan, perilaku, dan citra. Di Indonesia, VI belum begitu dikenal luas, sehingga menarik untuk meneliti persepsi dan sikap audiens terhadap VI. Penelitian ini mengambil studi kasus Rozy, seorang virtual influencer dari Korea Selatan. Dalam penelitian ini, persepsi mengenai Rozy diukur melalui tiga dimensi: parasocial interaction, perceived human-likeness, dan perceived authenticity. Sementara itu, sikap audiens diukur melalui sikap terhadap virtual influencer dan sikap terhadap iklan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dan data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan metode kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap VI memiliki pengaruh positif dan menunjukkan korelasi yang kuat terhadap sikap audiens pada semua dimensi, dengan dimensi yang paling berpengaruh yaitu parasocial interaction, dimana VI masih memerlukan interaksi yang lebih aktif dengan audiens, sehingga penggunaan VI dapat dengan mudah diterima oleh audiensnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject VIRTUAL INFLUENCER en_US
dc.subject PARASOCIAL INTERACTION en_US
dc.subject SIKAP AUDIENS en_US
dc.subject ROZY en_US
dc.title Pengaruh Virtual Influencer terhadap sikap audiens Virtual Influencer Rozy en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6082001234
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account