Abstract:
Pada saat ini terjadi persaingan antar perguruan tinggi di Indonesia dalam menarik calon
mahasiswa melalui berbagai teknik pemasaran yang kreatif dan inovatif di tengah
perkembangan masa kini. Praktik pemasaran yang dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi
baik swasta maupun negeri berbagai promosi dilakukan untuk mencapai tujuan lembaga
penyelenggara pendidikan tersebut dalam mencari calon mahasiswa baru, salah satunya
melalui program Campus Visit yang termasuk kedalam Experiential Marketing yang sudah
dilakukan oleh Kampus UNPAR sejak tahun 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing Campus
Visit UNPAR terhadap minat kuliah siswa-siswi SMAK 2 BPK PENABUR Bandung. Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa-siswi kelas XII SMAK 2 BPK PENABUR Bandung. Metode sampling yang
digunakan pada penelitian ini adalah teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner atau angket kepada seluruh sampel
dan didapatkan hasil sejumlah 106 responden.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
experiential marketing Campus Visit dengan minat kuliah siswa-siswi SMAK 2 BPK
PENABUR Bandung di Universitas Katolik Parahyangan. Penelitian ini memberikan implikasi
kepada Universitas Katolik Parahyangan untuk mempertahankan, meningkatkan, dan
memaksimalkan program Campus Visit karena memberikan efek untuk meningkatan minat
kuliah calon mahasiswa. Selain itu UNPAR bisa menggunakan data penelitian ini untuk fokus
pada elemen pemasaran yang efektif akan membantu UNPAR dalam merancang promosi yang
lebih efisien dan tepat sasaran, sehingga meningkatkan minat para calon mahasiswa menjadi
mahasiswa di UNPAR