Pengaruh E-Service Quality terhadap niat pakai ulang aplikasi Mapclub

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Sari, Kadek Yunika
dc.date.accessioned 2024-12-16T08:25:57Z
dc.date.available 2024-12-16T08:25:57Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46224
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19663
dc.description 25292 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan teknologi menyebabkan bergesernya transaksi jual beli secara offline menjadi secara online melalui website ataupun aplikasi e-commerce. PT Mitra Adiperkasa Tbk merupakan salah satu perusahaan retail yang bergerak dalam bidang sports, fashion, department stores, kids, food & beverage, serta produk-produk lifestyle. Untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja secara online, MAP pun merilis MAPCLUB yang bisa diakses melalui website ataupun aplikasi. Namun sejak dirilis pada Januari 2016, aplikasi MAPCLUB memiliki rating yang cukup buruk di App Store dan Google Play Store. Berdasarkan preliminary research dan review yang terdapat pada App Store dan Google Play Store ditemukan permasalahan pada e-service quality yang mempengaruhi niat pakai ulang aplikasi MAPCLUB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh e-service quality (X) selaku variabel dependen dengan dimensi app design (X1), fulfillment (X2), customer service (X3), dan security / privacy (X4) terhadap niat pakai ulang selaku variabel independen (Y). Penelitian ini menggunakan applied research dan explanatory research. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa jurnal pendukung, penelitian terdahulu, dan artikel serta data primer yang didapatkan dari wawancara, observasi, dan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang pernah bertransaksi secara online menggunakan aplikasi MAPCLUB. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, pendapat responden terhadap app design (X1) termasuk buruk, fulfillment (X2) termasuk cukup buruk, customer service (X3) termasuk buruk, dan security / privacy (X4) termasuk cukup buruk dan niat pakai ulang (Y) termasuk buruk. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik, tidak terjadi gejala multikolonieritas, dan terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda terdapat pengaruh positif antara app design (X1), fulfillment (X2), customer service (X3), dan security / privacy (X4) terhadap niat pakai ulang (Y). en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject E-COMMERCE en_US
dc.subject E-SERVICE QUALITY en_US
dc.subject NIAT PAKAI ULANG en_US
dc.subject MAPCLUB en_US
dc.title Pengaruh E-Service Quality terhadap niat pakai ulang aplikasi Mapclub en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6032001268
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8899433420
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account