Kinerja keuangan PT. Smartfren Telecom, Tbk. tahun 2017-2022 (Analisis Dupont System)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gomulia, Budiana
dc.contributor.author Rusli, Vania Regina
dc.date.accessioned 2024-11-19T09:19:31Z
dc.date.available 2024-11-19T09:19:31Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46200
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19523
dc.description 25268 - FE en_US
dc.description.abstract Teknologi informasi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia yang mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Peningkatan penggunaan teknologi informasi secara masif terjadi ketika pandemi Covid-19 merebak di Indonesia pada tahun 2020. PT Smartfren Telecom Tbk. sebagai perusahaan yang menyediakan layanan telekomunikasi dapat memanfaatkan situasi tersebut menjadi peluang untuk meningkatkan pendapatannya, namun di sisi lain, persaingan yang terjadi dalam industri telekomunikasi menjadi semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan PT Smartfren Telecom Tbk. sebelum pandemi (tahun 2017-2019) dan perkembangan kinerja keuangan PT Smartfren Telecom Tbk. menjelang dan setelah pandemi (tahun 2020- 2022). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dengan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan dan tahunan PT Smartfren Telecom Tbk. tahun 2017-2022 yang diakses melalui website resmi perusahaan. Objek dari penelitian ini adalah PT Smartfren Telecom Tbk. dengan menggunakan teknik analisis data yaitu rasio sistem DuPont. Pada masa sebelum pandemi, Smartfren mencatatkan ROE yang negatif namun perlahan mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan oleh ROA yang bernilai negatif dan EM yang berfluktuasi menyesuaikan dengan perubahan jumlah aset dan ekuitas perusahaan. Nilai ROA yang negatif terjadi karena Smartfren masih merugi, terlihat pada nilai NPM yang negatif. TATO perusahaan meningkat selama 3 tahun akan tetapi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ROA. Menjelang dan setelah pandemi, ROE Smartfren terus mengalami peningkatan dan dapat meraih nilai yang positif di tahun 2022. Hal tersebut terbukti dari ROA perusahaan yang kian membaik, sedangkan EM nya kembali mengalami fluktuasi. Nilai ROA tersebut berasal dari NPM yang juga turut membaik karena Smartfren berhasil memperoleh laba pada tahun 2022. Untuk TATO, Smartfren memperoleh angka yang stabil yaitu 0,24 selama 3 tahun. Smartfren perlu senantiasa untuk meningkatkan layanan telekomunikasi baik dari segi data maupun non-data agar para pengguna selalu merasa puas. Selain itu, Smartfren juga perlu melakukan monitor terhadap struktur modal perusahaan untuk memastikan bahwa penggunaan utang dapat dikelola dengan baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI en_US
dc.subject KINERJA KEUANGAN en_US
dc.subject ANALISIS DUPONT en_US
dc.title Kinerja keuangan PT. Smartfren Telecom, Tbk. tahun 2017-2022 (Analisis Dupont System) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6032001103
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412046302
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account