Pengaruh Flash Sale terhadap pembelian impulsif pengguna Go-Food di Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Christian, Steven
dc.date.accessioned 2024-11-18T09:39:43Z
dc.date.available 2024-11-18T09:39:43Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46722
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19521
dc.description 10638 - FISIP en_US
dc.description.abstract Perkembangan teknologi telah membawa dampak pada banyak aspek. Teknologi telah memungkinkan masyarakat untuk membeli di marketplace atau e-commerce dimana masyarakat dapat melakukan aktivitas pembeliannya hanya dengan mengklik. Hal ini juga mengubah kebiasaan masyarakat dalam memesan makanan. Di Indonesia, Go Food sebagai salah satu fitur aplikasi Gojek menyediakan layanan pemesanan dan pengantaran makanan secara online. Fitur ini menawarkan pilihan makanan yang lebih luas dan cara membeli yang praktis. Keberadaan Go Food juga membantu UKM untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Salah satu strategi yang diterapkan Go Food adalah mengadakan flash sale. Strategi ini diharapkan dapat menarik aksi pembelian yang mungkin tidak direncanakan sebelumnya atau disebut juga dengan pembelian impulsif. Karena karakteristik flash sale dan pembelian impulsif di Go Food mungkin berbeda dibandingkan dengan pasar non-makanan, maka menarik untuk dilakukan penelitian mengenai hal tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei kepada 100 responden konsumen Go-Food di Bandung yang pernah membeli produk makanan pada saat flash sale. Flash sale diukur dari aspek informasi, visualitas, hiburan, manfaat ekonomi, keterbatasan waktu & kuantitas sedangkan pembelian impulsif diukur dari perilaku saat membeli produk di Go-Food pada saat flash sale konsumen membeli barang yang tidak direncanakan., konsumen tidak bisa menahan diri untuk membeli makanan dan minuman jika ada flash sale di Go-Food. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flash sale berdampak positif terhadap pembelian impulsif. Variabel flash sale secara keseluruhan berada pada kategori baik. Aspek flash sale yang paling tinggi adalah Waktu & Kuantitas yang Terbatas, sedangkan aspek flash sale yang paling rendah adalah manfaat ekonomi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject FLASH SALE en_US
dc.subject PEMBELIAN IMPULSIF en_US
dc.subject GO-FOOD en_US
dc.title Pengaruh Flash Sale terhadap pembelian impulsif pengguna Go-Food di Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6082001016
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account