Abstract:
Pertumbuhan media sosial di Indonesia sangat tinggi, salah satu media sosial tersebut adalah TikTok. Indonesia menjadi negara dengan pengguna TikTok kedua terbanyak di dunia.
TikTok menjadi media sosial yang digunakan pemilik bisnis untuk melakukan promosi, salah satu strategi yang digunakan adalah social media marketing. Pada penelitian ini, peneliti
melakukan penelitian mengenai pengaruh social media marketing TikTok terhadap keputusan pembelian konsumen salah satu brand kecantikan asal Indonesia yaitu Kahf. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah social media marketing pada TikTok dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen produk skincare Kahf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, untuk mendukung penelitian ini peneliti melakukan penyebaran kuesioner menggunakan google form. Dari hasil tersebut, peneliti mengolah data menggunakan SPSS untuk menguji adanya hubungan serta pengaruh antar variabel. Populasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan konsumen yang mengikuti
akun TikTok Kahf serta pernah membeli salah satu produk skincare Kahf. Penelitian ini menggunakan teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling yang berupa purposive sampling.
Dari hasil uji linearitas, nilai signifikan uji linearitas adalah <0.001. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel social media marketing mempengaruhi variabel keputusan pembelian. Dengan kata lain jika Kahf menciptakan konten social media marketing yang semakin baik pada akun TikTok @kahfeveryday, keputusan pembelian konsumen atas produk skincare Kahf juga akan semakin meningkat.