Abstract:
Kota Cimahi merupakan sebuah kota otonom yang terletak di Provinsi Jawa Barat dengan luas wilayah sebesar 40,37 km2. Saat ini, Kota Cimahi sedang mengalami kepadatan penduduk yang selalu meningkat setiap tahunnya. Karena dorongan dari kepadatan penduduk yang disebabkan oleh banyaknya pendatang dari luar, maka banyak warga cimahi yang memanfaatkan lahan/asetnya untuk membangun usaha rumah kos. Salah satu contoh usaha rumah kos yang terletak di Kota Cimahi yaitu Griya Felicia yang merupakan rumah kos dan dibangun pada tahun 2020. Penelitian ini dilakukan menggunakan analisis internal yaitu analisis 4 fungsi
bisnis untuk mengetahui strategi internal yang diterapkan oleh Griya Felicia Rumah Kos. Kemudian dilakukan analisis eksternal PESTLE dan Porter’s 5 Forces untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan mikro dan makro Griya Felicia Rumah Kos. Kemudian dilakukan pemetaan Bisnis Model Canvas, Competitive Profile Matrix, hingga analisis SWOT untuk merumuskan strategi bersaingnya. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, strategi bersaing yang diterapkan oleh Griya Felicia Rumah Kos adalah strategi best cost provider untuk ditawarkan kepada konsumennya. Griya Felicia Rumah Kos harus aktif dalam merespon konsumen melalui media sosial dan melakukan pemasaran digital secara aktif melalui media online. Griya Felicia Rumah Kos harus tetap mempertahankan strategi dari best cost provider dengan cara meningkatkan fasilitas yang ditawarkan
kepada calon penghuni.