Abstract:
Tujuan mendasar dari penelitian ini adalah untuk menciptakan strategi kompetitif yang dapat diterapkan Arnold Dimsum dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternalnya. Agar perusahaan ini dapat terus berhasil dalam menghadapi lingkungan bisnis yang sangat kompetitif, khususnya di wilayah Kota Bandung, maka perusahaan harus mengurangi kekurangan yang ada, mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki, dan mengembangkan berbagai ide baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode studi kasus yang dipadukan dengan gaya analisis deskriptif untuk analisis. Peneliti menggunakan wawancara dan analisis dokumen sebagai metode pengumpulan data. Selanjutnya, dalam hal ini mengolah data menggunakan analisis PESTEL, Porter Five Forces, Rantai Nilai, Evaluasi Faktor Internal, Evaluasi Faktor Eksternal, dan Kuadran SWOT untuk membuat rencana yang dapat diterapkan oleh Arnold Dimsum. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Arnold Dimsum harus mengadopsi strategi yang mengarah pada “Best Cost Provider”. Pasalnya, dengan memenuhi ekspektasi pelanggan berdasarkan beberapa poin utama, antara lain peningkatan kualitas, pelayanan, karakteristik, dan penampilan dengan tetap memperhatikan harga jual yang terjangkau, maka strategi yang ditawarkan memungkinkan bisnis semakin baik dalam menyampaikan nilainya kepada pelanggan. skala yang lebih luas. Dengan menerapkan pendekatan ini, bisnis akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas dan memberikan barang dan jasa terbaik kepada konsumen di masa depan. Selain peningkatan kualitas, dunia usaha juga akan menjadi lebih sadar bagaimana tetap kompetitif dan berkembang dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif. Selain itu, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari pangsa pasar yang lebih besar, yang memungkinkannya meningkatkan pengenalan merek. Strategi ini pada hakikatnya akan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk secara konsisten mengungguli pesaingnya di pasar yang sangat kompetitif.