Abstract:
Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari tidak
hanya dirasakan oleh masyarakat saja tetapi sudah menjadi keharusan bagi
perusahaan untuk mengikuti perkembangan zaman. Mengamati kuatnya pengaruh
media sosial terhadap mempromosikan produk dan menghubungkan perusahaan
dengan pelanggan. Bukan menjadi satu-satu nya fungsi utama media sosial terhadap
perusahaan tetapi juga mampu menjembatani komunikasi antara karyawan dan
jajaran direksi. Media sosial mampu mendukung kinerja karyawan dengan
membagikan informasi dan mengapresiasi setiap pencapaian yang telah dilakukan
oleh karyawan kepada perusahaan.
Tujuan penelitian untuk mengemukakan pengaruh media sosial terhadap
organizational commitment karyawan di PT Surya Madistrindo. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif, teknik
pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 101
karyawan.
Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner hasil koefisien determinasi
dari R Square sebesar 0.437 hal ini membuktikan bahwa sumbangan pengaruh
media sosial terhadap organisasi komitmen 43,% dan sisanya dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Sedangkan untuk hasil regresinya
memperoleh nilai signifikan 0,000 kecil dari 0,05 yang artinya H1 nya diterima yang
berarti terdapatnya pengaruh media sosial terhadap organisasi komitmen karyawan.
Selain itu, rekomendasi yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya dengan
memperluas populasi penelitian dengan membandingkan beberapa karyawan yang
tinggal di perusahaan lainnya.