Abstract:
Industri kedai kopi di Indonesia berkembang pesat, mendorong persaingan
antar kedai kopi untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Mav Coffee, sebagai
salah satu kedai kopi di Bandung, perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi
loyalitas pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas
layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Mav Coffee.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 122 pelanggan Mav
Coffee. Data yang sudah diambil dari kuesioner kemudian diolah menggunakan IBM
SPSS Statistics 26 yang digunakan untuk melakukan statistik analisis regresi linear
berganda dan melakukan uji hipotesis menggunakan uji parsial dan uji simultan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan meningkatkan
pengaruh yang ada dari kualitas layanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, maka
akan terjadi peningkatan loyalitas dari pelanggan di Mav Coffee.
Temuan ini menunjukkan pentingnya bagi Mav Coffee untuk terus
meningkatkan dan menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, serta
Mav Coffee harus terus meningkatkan kepuasan pelanggannya agar tingkat loyalitas
pelanggan di Mav Coffee terus meningkat.