Analisis Community-Based Marketing terhadap loyalitas pelanggan di Gym “House of Strength”

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermawan, Daniel
dc.contributor.author William, Ooc
dc.date.accessioned 2024-11-14T09:20:50Z
dc.date.available 2024-11-14T09:20:50Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46059
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19498
dc.description 10579 - FISIP en_US
dc.description.abstract Community-Based Marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan mengumpulkan sekelompok orang yang memiliki kebutuhan sama dan diberikan solusi yang komprehensif dari perusahaan. Tujuannya untuk bisa memberikan produk atau layanan yang memuaskan dan melakukan pembelian kembali dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari community-based marketing terhadap loyalitas pelanggan di Gym “House of Strength”. Untuk melakukan penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Pemilihan populasi dari penelitian ini adalah 50 anggota aktif Gym House of Strength dengan teknik sampling jenuh karena populasinya tidak lebih dari 100 orang. Sebagai alat untuk pengumpulan data digunakan kuesioner dengan sifat pertanyaan tertutup dan kemudian hasil dari pengumpulan data di analisis menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 27. Beberapa metode pengujian yanng digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji multikorinealitas, uji statistik deskriptif dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan validasi dari tanggapan kuesioner yang diisi responden mengenai community-based marketing dan loyalitas pelanggan pada Gym House of Strength dan juga signifikansi dari pengaruh variabel community-based marketing terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan solusi dan implikasi kepada pihak management House of Strength untuk bisa membuat wadah komunikasi berupa forum yang aktif dan memberikan acara gathering rutin kepada pada anggota sehingga kualitas komunikasi dan interaksi antar anggota dapat selalu terjaga. Hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan community-based marketing adalah dengan mengajak anggota komunitas terlibat dalam sebuah acara perlombaan diluar dan di dukung dengan adanya sponsor agar anggota merasa adanya dukungan dan keterlibatan terhadap komunitas House of Strength. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject COMMUNITY-BASED MARKETING en_US
dc.subject LOYALITAS PELANGGAN en_US
dc.title Analisis Community-Based Marketing terhadap loyalitas pelanggan di Gym “House of Strength” en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6082001069
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0431129201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account