Abstract:
Community-Based Marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan
oleh perusahaan dengan mengumpulkan sekelompok orang yang memiliki
kebutuhan sama dan diberikan solusi yang komprehensif dari perusahaan.
Tujuannya untuk bisa memberikan produk atau layanan yang memuaskan dan
melakukan pembelian kembali dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari community-based marketing terhadap
loyalitas pelanggan di Gym “House of Strength”. Untuk melakukan penelitian ini
peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Pemilihan populasi dari penelitian ini
adalah 50 anggota aktif Gym House of Strength dengan teknik sampling jenuh
karena populasinya tidak lebih dari 100 orang. Sebagai alat untuk pengumpulan
data digunakan kuesioner dengan sifat pertanyaan tertutup dan kemudian hasil dari
pengumpulan data di analisis menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS
Statistics 27. Beberapa metode pengujian yanng digunakan adalah uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji
multikorinealitas, uji statistik deskriptif dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari
penelitian ini menunjukan validasi dari tanggapan kuesioner yang diisi responden
mengenai community-based marketing dan loyalitas pelanggan pada Gym House of
Strength dan juga signifikansi dari pengaruh variabel community-based marketing
terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan solusi dan implikasi
kepada pihak management House of Strength untuk bisa membuat wadah
komunikasi berupa forum yang aktif dan memberikan acara gathering rutin kepada
pada anggota sehingga kualitas komunikasi dan interaksi antar anggota dapat selalu
terjaga. Hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan community-based
marketing adalah dengan mengajak anggota komunitas terlibat dalam sebuah acara
perlombaan diluar dan di dukung dengan adanya sponsor agar anggota merasa
adanya dukungan dan keterlibatan terhadap komunitas House of Strength.